RSS

Technology and Science


MIT berhasil membuat kamera yang bisa menangkap 1 triliun frame per detik

Dengan kecepatan itu, mereka bisa melihat pergerakan foton cahaya yang melintasi objek tertentu. Dengan menggunakan peralatan optik dengan cara yang sama sekali tak terduga, peneliti MIT telah menciptakan sebuah sistem pencitraan yang membuat terlihat cahaya lambat. Mereka benar-benar melihat gerakan foton cahaya di sebuah adegan atau objek dengan kemampuan kamera berkecepatan tinggi ini.

Peneliti MIT telah menciptakan sebuah sistem pengambilan gambar yang baru yang dapat memperoleh data visual pada tingkat eksposur satu triliun per detik. Itu cukup cepat untuk menghasilkan video gerak lambat ledakan cahaya yang mengalami perjalanan panjang di dalam botol satu liter, memantul dari tutupnya dan kembali ke dasar botol.

Media Lab Postdoc Velten Andreas, salah satu pengembang sistem, menyebutnya "akhir" dalam gerak lambat: "Tidak ada dalam alam semesta yang terlihat cepat bagi kamera ini," katanya.


             Media Lab Postdoc Andreas Velten, kiri, dan Associate Professor Ramesh Raskar dengan setup eksperimental mereka gunakan untuk menghasilkan slow-motion video dari hamburan cahaya melalui botol plastik.


"Ini karya yang sangat menarik. Saya sangat terkesan, "kata Nils Abramson, seorang profesor holografi terapan di Swedia Royal Institute of Technology. Pada akhir 1970-an, Abramson memelopori teknik yang disebut light-in-flight holography, yang akhirnya terbukti mampu menangkap gambar dari gelombang cahaya dengan kecepatan 100 miliar frame per detik.

"Saya terkejut bahwa metode yang telah saya gunakan tidak lebih populer," tambah Abramson. " Saya sangat senang bahwa orang lain melakukan sesuatu yang mirip. Karena saya rasa ada banyak hal menarik yng dapat ditemukan ketika Anda dapat melakukan hal semacam studi dari cahaya itu sendiri. "

Sumber: web.mit.edu
               nationalgeographic.co.id
               




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar